Tuesday, October 03, 2006

MENGAPA DI DALAM TELUR ADA BAGIAN YANG BERWARNA PUTIH DAN KUNING? MENGAPA KEDUANYA TIDAK BERCAMPUR?

Bagian-bagian yang terdapat pada telur berbentuk lapisan, tersusun dari dalam ke luar. Bagian telur pertama dimulai dengan sel telur. Sel telur ini kecil dan terlihat sebagai bintik agak putih. Kuning telur dikeluarkan oleh oviduct atau saluran sel telur, kemudian ditambah empat lapisan pemisah albumen (putih telur); yaitu lapisan tipis terluar, lapisan tebal yang cukup kental, lapisan tipis terdalam, dan lapisan yang menyelubungi membran kuning telur (yolk). Lapisan yang disebutkan terakhir ini kemudian dilanjutkan dengan bagian yang menjaga kuning telur tetap dalam posisinya dan tidak bercampur dengan putih telur yang biasa disebut dengan kalaza. Bagian-bagian ini dilindungi oleh dua lapisan "kulit" membran tipis yang transparan, kemudian pada bagian luar kulit ini dibungkus oleh kulit kerabang telur (shell). Sel telur yang terdapat dalam telur dan sudah dibuahi adalah bakal anak. Sebelum telur menetas, bakal anak ini disebut embrio.
Embrio ini harus mendapatkan makanan untuk pertumbuhannya. Embrio ini mendapatkan makanan dari kuning telur (yolk). Karena itulah sebabnya mengapa sel telur selalu menempel atau berada pada pinggir kuning telur. Putih telur (albumen) berfungsi sebagai pelindung embrio selama pertumbuhannya. Pada saat telur tergoncang atau bergerak tiba-tiba akibat getaran, maka putih telur yang mengelilingi embrio dan kuning telur akan melindungi embrio yang berfungsi sebagai bantalan. Kulit kerabang (shell) melindungi semua bagian telur dari luka atau kerusakan.
Mari kita pecahkan sebutir telur agar dapat melihat bagian-bagian yang terdapat dalam telur. Ambillah kaca pembesar dan lihatlah kulit kerabang telur, kita dapat melihat banyak lubang kecil pada kulit kerabang tersebut. Telur bernafas melalui lubang-lubang kecil tersebut. Kulit kerabang terlihat padat dan tertutup tetapi sebenarnya bersifat porous atau berpori-pori. Ada terdapat ribuan lubang kecil pada kulit telur, dan kita tidak dapat melihatnya secara langsung. Pada ujung telur terdapat kantung udara (air pocket), yang terisi oleh oksigen.


(diambil dari berbagai sumber)

No comments: